TUGAS MARKETING

NAMA : YULIANA SIMANGUNSONG

KELAS : X BDP 2


Pemasaran adalah inti dari sebuah usaha. Tanpa pemasaran tidak ada yang namanya perusahaan.

Pengertian pemasaran menurut pakar maerketing asal Amerika Serikat (AS),

Phillip kotler mengatakan pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk dengan pihak lain. Banyak yang menganggap bidang ini identik dengan bidang penjualan.

●Sesungguhnya pemasaran memiliki arti yang luas daripada penjualan.

Bidang penjualan merupakan bagian daro bidang pemasaran, sekaligus merupakan bagian terpenting dari bidang pemasaran itu sendiri.

Pemasaran merupakan bisnis yang dinamis karena kegiatannya berupa gabungan hasil interaksi dari berbagai kegiatan, yang programnya dimulai dengan sebutir gagasan produk dan tidak terhenti sampai keinginan konsumen benar-benar terpuaskan setelah memahami perencanaan usaha, langkah selanjutnya mempelajari dan melatih bagaimana barang dan jasa dihasilkan itu di distribusikan atau dipasarkan.

 

      ● BISNIS DAN PEMASARAN●

 

Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi sedangkan Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya.

Hal tersebut disebabkan karena 

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, dimana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar.

 

 

 ●PENGERTIAN TUJUAN DAN 

    FUNGSI PEMASARAN●

 

Seperti yang kita ketahui, Pemasaran adalah suatu proses yang tidak dapat dipisahkan dari Bisnis. Yaitu proses menyeluruh, Terpadu, dan Terencana,

yang dilakukan oleh sebuah organisasi

atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan,menyampaikan,

dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi Konsumen, Klien, Mitra, 

dan masyarakat umum.

 

       ● TUJUAN PEMASARAN●

 

1.Promosi Produk atau layanan jasa

Tujuan yang pertama dalam pemasaran adalah memperkenalkan atau promosi produk yang telah diproduksi kepada calon konsumen secara umum. Promosi dapat kita artikan sebagai mengiklankan suatu produk atau merek atau layanan jasa

Dalam melaksanakan aktifitas promosi banyak media yang dapat digunakan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta modal yang dimiliki.


2.Realisasi Target Penjualan Produk   atau Layanan Jasa

Baik perusahaan skala besar maupun kecil tentu memiliki target yang harus terpenuhi dalam suatu satuan waktu.

Dengan pemasaran yang efektif maka perusahaan tentu akan memperoleh penjualan yang maksimal, namun hal ini tergantung dengan jenis strategi apa yang digunakan. Dalam sebuah pemasaran terdapat devisi khusus yang bertugas untuk memasarkan produk. Devisi tersebut memiliki kemampuan lebih dalam mempromosikan produk dengan komunikasi yang baik, display yang menarik, strategi penawaran harga yang mahir, bonus dan lain sebagainya. Sehingga target yang di tetapkan oleh perusahaan dapat tercapai dengan baik.

 

 3.Mengetahui Kepuasan Konsumen

Strategi pemasaran yang baik selalu berorientasi pada kepuasan konsumen karena dengan begitu, para konsumen diharapkan bersedia menggunakan produknya lagi, lagi, dan lagi dilain waktu dan dimasa yang akan datang.

 

  

       ●FUNGSI PEMASARAN 

         DALAM BISNIS●

  

Untuk dapat mencapai tujuan dari bisnis tersebut, Marketing memiliki fungsi penting dalam perusahaan yang dibagi menjadi 3 jenis yaitu,


1.Fungsi Pertukaran (Exchange)

lewat dilakukannya pemasaran, konsumen dapat mengetahui dan membeli suatu produk yang dipasarkan oleh produsen dengan uang ataupun barang lain yang senilai.

Produk yang sudah dibeli dapat digunakan untuk keperluan pribadi atau dijual lagi demi mendapat keuntungan.

●Dalam fungsi pertukaran, terdapat 2 fungsi lain yang mendukung, yaitu

a.) Fungsi Penjualan 

Esensi dari fungsi penjualan adalah

mempertemukan penjual dan pembeli 

(permintaan dan penawaran ) baik itu secara langsung maupun tidak langsung dengan melalui perantara seperti para agen, sales dan lain sebagainya.

 

b.) Fungsi Pembelian

Fungsi pembelian yaitu seluruh aktifitas atau hal yang penting untuk diperhatikan dalam rangka mendapatkan produk dan layanan jasa yang sesuai dengan kriteria baik itu kualitas maupun kuantitas seperti yang diinginkan konsumen. Kemudian mengusahakan produk yang sesuai kriteria tersebut siap dipergunakan pada waktu, kondisi dan tempat tertentu yang kompetitif.



2.Fungsi Penyimpanan dan Distribusi Fisik (storage and distribution)

Penyimpanan dan pendistribusian merupakan fungsi pemasaran yang kedua, dimana produk-produk telah dihasilkan produsen perlu disimpan dalam waktu tertentu kemudian didistribusikan kepada para agen-agen atau bahkan langsung kepada para konsumen, sehingga waktu dan tempat merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. 

Fungsi yang kedua ini meliputi :

a.) Pemprosesan (produk diproses

(pengolahan dan pengemasan) untuk siap dijual kepada konsumen)

b.) Penyimpanan atau penggudangan (menyimpan produk yang telah jadi sampai pada saat siap untuk disalurkan kepada konsumen)

c.) Pengangkutan dan Distribusi

(pemindahan produk dari produsen kepada agen-agen atau langsung ke konsumen akhir)


3.Fungsi Perantara (intermediaries)

Fungsi akhir yang dimiliki marketing adalah fungsi perantara yang berfungsi sebagai pembiayaan, pencarian informasi, pengelompokan produk dan lain sebagainya untuk dapat menyampaikan produk kepada konsumen. Fungsi ini menghubungkan kedua fungsi lainnya yaitu fungsi pertukaran dan distribusi fisik.

 

 

●PERAN PEMASARAN DALAM BISNIS●

 

Peran marketing dalam suatu bisnis


a.) Sebagai sales

salah satu peran utama pemasaran dalam bisnis adalah sales atau penjualan, karena sepertinya yang kita ketahui salah satu unsur penting dari sebuah bisnis adalah LABA yang didapatkan dari proses penjualan suatu barang atau jasa yang dihasilkan dari bisnis tersebut.


b.) Sebagai Promosi

marketing juga berperan untuk mempromosikan bisnis dan produk yang dihasilkan bisnis tersebut,

baik berupa barang maupun jasa.


c.) Riset dan Pengembangan 

selain berperan sebagai sales dan promosi, Marketing juga berperan dalam hal riset dan pengembangan produk agar produk yang disediakan bisnis selalu up to date dan dapat memenuhi kebutuhan.

 

 

 

TUGAS 

●Tahap pertama yang perlu dilakukan manajemen dalam proses perencanaan strategis adalah Menganalisis situasi bisnis.

●Memilih pelanggan sasaran, mengidentifikasi kebutuhan dan keinginannya, serta menetapkan bauran pemasaran yang sesuai merupakan contoh implementasi fungsi perencanaan manajemen dari strategi.

●Alasan perusahaan menggunakan strategi profil tinggi dalam tahap perkenalan adalah Perusahaan menghadapi persaingan potensial dan berusaha membangkitkan kesukaan terhadap merek bagi pasarnya.

●Jika Anda membeli barang dan jasa untuk dijual kembali guna memperoleh laba maka Anda tergolong dalam kelompok Pasar penjual.

●Ukuran perusahaan, usia perusahaan, bahasa yang digunakan dan pola pertumbuhan adalah faktor-faktor yang digunakan perusahaan untuk mensegmentasikan pasar bisnis.

●Aktivitas mental dan fisik seseorang yang secara nyata menggunakan barang dan jasa yang dibeli adalah definisi perilaku konsumen.

●Peran pemasaran dalam perusahaan pada jenjang operasional atau fungsional adalah Didasarkan pada bauran pemasaran

●Produk yang mempunyai daya penarik rendah tetapi dapat memberikan manfaat yang tinggi kepada konsumen dalam jangka panjang merupakan pengertian produk bermanfaat.

●Modifikasi pasar dapat dilakukan dengan cara Mencari pembeli baru dan segmen pasar baru.

●Strategi utama yang dapat ditempuh perusahaan dalam menawarkan produk yang berada pada tahap perkenalan dalam daur hidup produknya adalah dengan 

Meningkatkan kesadaran produk dan memperluas pasar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sweeter erigo